Lakukan Ini untuk Menyongsong Hari Lebaran

Jum'at, 23 Juni 2017 - 18:20 WIB
Lakukan Ini untuk Menyongsong Hari Lebaran
Lakukan Ini untuk Menyongsong Hari Lebaran
A A A
JAKARTA - Momen Hari Raya Idul Fitri biasanya bertepatan dengan hari libur yang tentu takkan lengkap jika tidak dihabiskan bersama teman-teman dan keluarga tercinta.

Bagi sebagian orang, mereka kerap merayakan momen lebaran dengan berlibur atau pergi ke kampung halaman mereka, namun bagi sebagian lainnya hanya berada di rumah dan mengundang seluruh keluarga, sahabat dan kerabat untuk menikmati hidangan dan bercengkrama bersama.

Bagi Anda yang belum memiliki rencana bagaimana menghabiskan lebaran tahun ini, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan saat lebaran yang dikutip dari Capitalfm.

1. Buat rencana ke depan
Jika Anda berencana untuk menghabiskan rumah Idul Fitri bersama keluarga atau memilih untuk berlibur, sebaiknya buatlah rencana yang matang sebelum hari H tiba. Jika berlibur ke tempat baru, cari tahu mengenai tempat beribadah atau masjid terdekat dari tempat Anda menginap. Booking seluruh tiket dari jauh-jauh hari agar Anda merasa lebih tenang. Pastikan bahwa liburan dan ibadah Anda di hari Idul Fitri tetap berjalan lancar.

2. Persiapan untuk Idul Fitri
Malam sebelum Idul Fitri atau malam takbiran biasanya dipenuhi dengan harapan akan Hari Kemenangan dan hari-hari yang akan datang. Sementara setiap anggota keluarga akan menghabiskan waktu untuk mempersiapkan makanan, dekorasi dan yang lainnya untuk hari lebaran, Anda pun dapat turut berpartisipasi seperti dengan menyiapkan hadiah lebaran untuk keluarga dan teman-teman tercinta.

3. Membayar zakat
Zakat bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada orang-orang yang kurang beruntung untuk dapat ikut menikmati hari lebaran bersama saudara-saudara Muslim lainnya. Selain dengan membayar zakat, Anda juga dapat mengajak teman-teman untuk mengundang orang-orang kurang beruntung tersebut ke rumah Anda untuk berbagi kebahagiaan dan sebagian rezeki Anda.

4. Mengundang teman-teman
Selain mengundang keluarga dan saudara ke acara open house saat lebaran, undanglah teman-teman terdekat Anda untuk turut merayakan Hari Kemenangan setelah berpuasa satu bulan penuh. Anda dapat salat bersama, makan siang bersama, bersantai bersama atau bahkan bertamasya bersama-sama. Selain itu, yang terpenting, Anda juga dapat saling introspeksi diri satu sama lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Berbagi energi positif, senyum dan salam
Yang terpenting dari momen Idul Fitri adalah berbagi kebahagiaan dan energi positif, serta sukacita. Kunjungilah tetangga terdekat ataupun teman-teman Anda kemudian berilah salam, senyum, pelukan hangat dan kebaikan lainnya untuk memulai sesuatu yang baru dan meninggalkan perasaan terdahulu yang kurang baik.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5814 seconds (0.1#10.140)